Laporkan Penyalahgunaan

Ketahui Gejala dan Cara Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami masyarakat Indonesia. Masuk angin sering terjadi pada seseorang akibat udara dingin,bepergian dengan sepeda motor, hingga keluar rumah pada malam hari. 

Faktanya masuk angin bukanlah penyakit. Melainkan hanya gejala adanya bakteri atau virus di dalam tubuh manusia. Bisa juga memberi tanda atau sinyal bahwa tubuh sedang tidak enak badan. Oleh karena itu, penanganan yang tepat sangat dianjurkan untuk mencegah, mengantisipasi, dan mengobati masuk angin. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi masuk angin:

Gejala dan Penyebab Masuk Angin

Penyebab masuk angin tentu bermacam-macam dan bisa menimbulkan gejala tertentu setelahnya. Untuk menghindarinya, Anda perlu memahami risiko yang mungkin terjadi. Karena jika ganguan kesehatan ini sudah terjadi, penyakit berbahaya lainnya bisa datang.

Nah, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui beberapa gejala masuk angin:

Suhu Dingin

Perubahan suhu atau iklim seringkali membuat tubuh rentan terhadap virus dan bakteri. Apalagi jika perubahan suhu yang terjadi termasuk dalam kategori ekstrim. Suhu dingin memudahkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, suasana angin malam dan kondisi setelah hujan dapat memancing penyakit.

Virus dan Bakteri

Infeksi pada saluran pernapasan manusia dapat timbul karena virus dan bakteri. Alhasil, istilah masuk angin sering dikaitkan dengan gejala demam biasa hingga malaria atau demam berdarah. Tak terkecuali masuk angin dan batuk. Hal ini bisa terjadi karena sistem pernapasan dan tenggorokan diserang oleh virus dan bakteri jahat dan tubuh gagal untuk melawan.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi masuk angin tidak sulit dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup secara perlahan, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani masuk angin adalah:

Minum Hangat

Minuman yang dibuat dengan jahe hangat dan gula merah bisa menjadi solusi jika Anda masuk angin. Namun, jika Anda tidak tertarik, ada banyak alternatif lain seperti jus lemon atau lemon hangat dengan madu. Hal ini dapat memberikan ketenangan dan kehangatan pada tubuh serta membuatnya berkeringat. Air panas juga bisa menjadi pilihan lain yang lebih mudah.

Memakai Pakaian Hangat

Jangan karena merasa kondisi tubuh baik-baik saja meskipun cuacanya dingin, lalu Anda tidak mau memakai baju hangat. Pakaian hangat sangat dianjurkan agar suhu tubuh dapat terjaga pada suhu normal. Gunakan pakaian hangat yang nyaman bersama jaket atau sweater saat beraktivitas untuk menghindari gejala masuk angin yang tentunya akan sangat merugikan.

Menu Sehat Bergizi

Saatnya berhenti mengonsumsi makanan tidak sehat yang berminyak dan tinggi lemak. Anda bisa memilih buah dan sayuran favorit agar bersemangat menjalani pola hidup sehat. Selain itu, asupan vitamin juga diperlukan untuk menjaga kestabilan dan daya tahan tubuh dalam segala kondisi cuaca yang akan datang, atau yang sedang dihadapi.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh menjadi rileks. Maka cara mengatasi masuk angin yang satu ini terbilang sangat mudah dan sudah terbukti hasilnya. Anggap saja Anda berinvestasi pada kesehatan dengan istirahat yang cukup.

Olahraga Rutin

Meski terdengar berat, rutinitas olahraga yang dimaksud bisa dimulai dari yang ringan seperti menggunakan waist twisting, latihan kardio, atau yoga di rumah. Lakukan minimal seminggu sekali untuk intensitas rendah, lalu tingkatkan jika sudah terbiasa. Selain melepaskan endorfin, olahraga juga bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan terhindar dari virus dan bakteri.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengetahui gejalanya dan cara mengatasi masuk angin semoga bermanfaat.

Admin Sehat Natural
Penulis buku dan blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan, gaya hidup sehat dan natural.

Related Posts

Posting Komentar