Laporkan Penyalahgunaan

7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Belakangan ini jahe sangat diminati karena dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal penularan Covid-19. Tanaman rempah yang satu ini memang memiliki aroma yang nikmat, baik saat disajikan dalam bentuk utuh atau berupa bubuk. 

Meskipun terkenal sebagai bumbu dapur, manfaat jahe untuk kesehatan sudah terpercaya sejak zaman dahulu kala. Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh Anda.


Beberapa Manfaat Jahe untuk Kesehatan 

Tanaman jahe merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Itu sebabnya sebagai orang Indonesia kita tentu mudah mendapatkannya. Sebuah sumber menyebutkan bahwa jahe merupakan salah satu rempah paling sehat di dunia. Jahe berpotensi meringankan beberapa jenis penyakit termasuk masalah kesehatan degeneratif seerti radang sendi dan rematik.

Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin:

1. Bahan alami anti penuaan dan kanker

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengendalikan proses penuaan. Jahe juga memiliki potensi antimikroba, yaitu efektif membantu pengobatan penyakit menular. Jahe juga dipercaya mampu menangkal berbagai jenis kanker.

Sebuah jurnal kesehatan menyebutkan bahwa manfaat jahe sebagai anti-kanker sudah melalui berbagai penelitian dan terdokumentasi dengan baik. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk menyatakan bahwa jahe manjur untuk mengobati kanker.

2. Pereda nyeri haid

Nyeri haid merupakan salah satu masalah bulanan yang menyiksa perempuan. Menurut beberapa penelitian, konsumsi air rebusan jahe diyakini dapat meredakan nyeri. Dalam hal ini, jahe dipercaya memiliki khasiat sejenis dengan ibuprofen dan asam mefenamat yang sudah terkenal sebagai penghilang nyeri.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk mengurangi nyeri menstruasi, dianjurkan mengonsumsi air rebusan jahe selama dua hari di masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut juga dapat menghilangkan kembung dan menenangkan.

3. Membantu menurunkan glukosa dana kolesterol

US National Library of Medicine melaporkan bahwa konsumsi jahe juga dapat menurunkan gula darah secara signifikan. Di samping itu, jika dikonsumsi secara rutin, jahe juga dapat menurunkan lemak jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan angka HLD atau lemak baik.

4. Meningkatkan sistem imunitas

Jahe mengandung vitamin C dan magnesium yang dapat membantu tubuh untuk memperkeuat sistem imun alami. Selain itu, kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones dalam jahe juga merupakan zat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh.


5. Mencegah infeksi bakteri dan virus

Tak heran jika selama pandemi ini jahe sangat diminati karena tanaman rempah yang satu ini memiliki khasiat dalam menangkal bakteri dan virus. Gingerol dalam jahe juga diyakini dapat menghambat infeksi bakteri shigella, e colli, dan beberapa jenis bakteri lainnya.

Selain itu, konsumsi air jahe juga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Jahe juga diyakini dapat mengatasi flu dan pilek karena memiliki efek hangat dan melegakan hidung serta tenggorokan.

6. Meredakan nyeri otot

Hasil studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, tanaman jahe juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri otot karena memiliki manfaat anti-peradangan. Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa manfaat ini hanya dimiliki oleh jahe merah.

7. Menangani masalah pencernaan dan morning sickness

Apakah Anda pernah mengonsumsi jahe ketika sedang kembung, mual, dan muntah? Ya, jahe memang sangat efektif mengatasi masalah di atas, sehingga banyak dianjurkan untuk ibu hamil dengan gejala morning sickness.


Selain itu, jahe juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan karena memiliki kandungan antibakteri. Jahe bekerja menangkal bakteri jahat yang masuk dalam makanan. Selain itu jahe juga memberikan sensasi rileks sehingga sangat baik dikonsumsi saat sedang mengalami masalah pencernaan.

Meskipun begitu, beberapa orang tidak dapat mengonsumsi jahe dalam jumlah banyak dan sering karena beberapa hal, seperti ibu hamil dan menyusui, penderita jantung, diabetes dan penderita pembekuan darah.Meskipun termasuk dalam kategori tanaman herbal obat alami, namun konsumsi jahe tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

Dari beberapa manfaat jahe untuk kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas, apakah Anda sudah pernah mengonsumsi jahe untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu dalam tubuh?

 



Admin Sehat Natural
Penulis buku dan blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan, gaya hidup sehat dan natural.

Related Posts

Posting Komentar