Laporkan Penyalahgunaan

Yuk, Ketahui 5 Jenis Olahraga untuk Penderita Osteoporosis


Melakukan olahraga untuk penderita osteoporosis bukanlah hal yang menakutkan. Penyakit ini memang menjadikan tulang rapuh dan mudah patah ketika mendapat beban yang cukup berat. 

Akhirnya pasien dengan keluhan penyakit ini memilih untuk tidak banyak melakukan aktivitas. Padahal menerapkan hidup sehat dengan rutin berolahraga justru dianjurkan, lho! Nah, gerakan seperti apa yang bisa dilakukan oleh pasien?

Beragam Olahraga yang Aman untuk Penderita Osteoporosis

Penyakit osteoporosis sering menjadikan pasien merasa takut untuk berolahraga karena khawatir akan cedera. Sebenarnya banyak sekali jenis olahraga yang aman dan mampu memberi manfaat. Gerakan-gerakan tersebut akan menguatkan tulang dan otot, menjaga keseimbangan dan meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan mencegah penderita mudah jatuh dan merasa selalu sehat.

Ada baiknya sebelum berolahraga, penderita melakukan konsultasi dengan dokter untuk memeriksa kepadatan tulang dan kebugaran. Gerakan fisik yang dianjurkan harus sesuai dengan keadaan pasien dilihat dari risiko patah tulang, kekuatan otot, tingkat aktivitas fisik dan lain-lain.

Hindarilah melakukan gerakan berbahaya atau olahraga yang berat seperti berlari, melompat, dan lain-lain. Anda juga harus menghindari gerakan seperti membungkuk dan memutar badan contohnya seperti golf, tenis, bowling, dan lain sebagainya. 

Penyakit ini bukan hanya dapat terjadi pada orang yang berusi lanjut. Mereka yang masih muda jug dapat mengalaminya. Untuk itu Anda harus senantiasa menjalankan pola hidup sehat dengan makanan bergizi dan rutin berolahraga.

5 Jenis Gerakan Fisik yang Aman untuk Pasien


  1. Melatih Otot

Gerakan melatih otot sangat baik bagi penderita pengapuran tulang. Latihan ini berfungsi memadatkan tulang yang berupa gerakan menggunakan beban untuk menguatkan otot spinal yang merupakan bagian penting dari tubuh. Otot-otot yang kuat dapat membantu untuk menopang tulang dan menyeimbangkan gerak. Anda bisa menggunakan band elastis, mesin angkat beban, atau melakukan gerakan fungsional sederhana seperti berdiri lalu berjinjit.

Pastikan Anda melakukan gerakan yang benar dan harus melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga yang satu ini. Anda bisa datang ke gym dan didampingi oleh instruktur profesional yang memahami gerakan aman dan efektif khusus penderita pengapuran tulang.

  1. Senam

Gerakan-gerakan senam tertentu juga sangat bermanfaat bagi penderita penyakit tulang ini. Salah satunya adalah gerakan mengentakkan kaki ke lantai beberapa kali seolah sedang menghancurkan sebuah kaleng. Lakukan bergantian antara kaki kanan dan kiri. Ada pula gerakan squat untuk memperkuat kaki depan, paha dan pantat.

Gerakan senam lain adalah melatih tangan dan bahu dengan cara mengangkat dumbbell  atau beban yang tidak terlalu berat. Untuk melatih keseimbangan, gerakan berdiri di atas kaki juga bisa dilakukan beberapa kali dengan cara berdiri dengan tegap, lalu tekuk lutut hingga menyentuh dada.

  1. Aerobik

Jenis olahraga yang satu ini juga cukup aman dan menyenangkan. Gerakannya seperti menari dan berjoget. Meski begitu olahraga ini cukup membantu untuk memadatkan tulang. Biasanya aerobik memiliki struktur khusus, Anda dapat berkonsultasi lebih dahulu sehingga gerakan-gerakan yang diajarkan dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Aerobik cukup berpengaruh pada bagian bawah tubuh seperti tungkai bawah, panggul dan tulang belakang yang juga berfungsi untuk mempertahankan mineral tulang. Ada dua jenis aerobik yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh, yakni gerakan high impact  dan low impact.

  1. Yoga atau Pilates



Olahraga satu ini memiliki beragam gerakan dan beberapa diantaranya sangat bagus untuk dipraktikkan bagi para penderita osteoporosis. bahkan, ada penelitian yang mengklaim bahwa gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan mineral tulang dan juga kepadatan tulang pasien terutama area paha, panggul, tulang belakang.

Namun, meski begitu pasien tetap harus berada dalam pengawasan ahli agar tidak sembarang melakukan gerakan yang justru bisa fatal. Jangan hanya mengikuti gerakan yang mungkin banyak di video secara online. Mengikuti kelas senam dengan instruktur ahli lebih baik daripada Anda harus mengalami cedera yang tidak diinginkan nantinya.

  1. Tai-Chi

Pasien pengapuran tulang harus dapat menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Sebab hal ini akan sangat fatal dan dapat menyebabkan patah tulang dan cedera lain. Untuk itulah beberapa ahli menyarankan latihan Tai chi yang dapat meningkatkan elektabilitas dan keseimbangan pada tubuh.

Tai chi juga dapat memperlambat penipisan massa tulang pada area paha, tulang belakang dan tulang kering. Rutin melakukan olahraga ini paling tidak 2 minggu sekali akan membuat tubuh Anda terasa lebih sehat dan bugar.

Itulah tadi jenis-jenis olahraga untuk penderita osteoporosis yang aman dan dapat dilakukan secara rutin. Selain berolahraga Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat dan bernutrisi yang kaya kalsium dan vitamin D agar tulang menjadi semakin kuat. Jauhkanlah diri dari gaya hidup tidak bersih seperti merokok, minuman beralkohol dan mengkonsumsi makanan tidak bergizi.

Admin Sehat Natural
Penulis buku dan blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan, gaya hidup sehat dan natural.

Related Posts

Posting Komentar