Laporkan Penyalahgunaan

9 Bahan Pangan Tinggi Antioksidan yang Patut Dicoba

Ssemakin banyaknya polusi yang mengotori udara telah menyebabkan semakin meningkatnya radikal bebas di lingkungan sekitar. Padahal adanya radikan bebas ini berkaitan erat dengan penuaan dini. Untuk melawannya dibutuhkan antioksidan yang tidak hanya berada dalam tubuh saja. Keberadaan bahan pangan tinggi antioksidan juga sangat diperlukan.

Bahan pangan inilah yang akan membantu tubuh memawan dampak radikal bebas yang berbahaya. Untuk itulah penting mengetahui daftar makanan apa saja yang mengandung banyak antioksidan.



Bahan Pangan Tinggi Antioksidan yang Mudah Didapat

Ceri

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa radikal bebas memiliki dampak yang berbahaya. Salah satunya adalah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti Alzheimer, Kanker dan parkinson.

Maka, sangat penting sekali untuk mengonsumsi bahan pangan tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Contoh makanan tersebut adalah buah ceri yang memiliki antioksidan alami yang tinggi. Khususnya antisianin yang terlihat dari warna merahnya.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi 20 buah ceri sehari mampu mengurangi nyeri asam urat. Kandungan antioksidan dalam buah ceri juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kacang Pecan

Kacang pecan terkenal mengandung banyak lemak dan mineral. Namun, tak banyak yang tahu jika di dalamnya juga terkandung antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi bahan pangan tinggi antioksidan dari kacang pecan dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah secara drastis.

Dalam kacang ini terkandung antioksidan polifenol flavonoid yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, kulit dan tulang. Manfaat konsumsi kacang ini juga baik dalam mencegah sembelit.

Stroberi

Bahan pangan tinggi antioksidan lainnya adalah stroberi yang juga banyak mengandung vitamin C. Vitamin C inilah bentuk antioksidannya yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah anemia dan menjaga kekenyalan kulit.

Selain kandungan vitamin C, antioksidan lain dalam stroberi adalah polifenol yang juga baik untuk menjaga dayan tahan tubuh dalam melawan radikal bebas dan melawan penuaan dini.


Kubis Ungu

Ternyata dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa kubis ungu mengandung jumlah antioksidan empat kali lebih banyak dibandingkan kubis putih. Uniknya lagi kandungan antioksidan ini akan meningkat jika direbus.

Sama halnya dengan bahan pangan lainnya dengan kandungan antioksidan tinggi, kubis ungu juga memiliki antioksidan yang bernama antosianin. Zat ini mampu membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Blueberry

Makanan yang mengandung sumber antioksidan lain adalah buah blueberry. Dalam berbagai penelitian diantara buah dan sayur lainnya, kandungan antioksidan paling tinggi memang terdapat dalam buah blueberry.

Buah ini telah terbukti bermanfaat untuk menunda penurunan fungsi otak yang terjadi seiring bertambahnya usia. Tentunya mengonsumsi buah ini sejak muda akan membantu kinerja otak agar tidak mengalami penurunan fungsi.

Cokelat Hitam

Tidak ada yang menyangka jika cokelat hitam memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang lebih banyak dari cokelat lainnya. Bahkan perhitungan kadar antioksidannya lebih banyak dari pada buah blueberry. Salah satu kandungan antioksidan yang terdapat dalam cokelat hitam adalah flavonol yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes.

Raspberry

Buah raspberry juga termasuk bahan pangan tinggi antioksidan berupa vitamin C dan mangan yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya efektif dalam membunuh sel kanker dalam organ usus besar, lambung dan payudara.

Keunggulan manfaat tersebut diduga datang dari antioksidan antosianin yang bekerja mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang menyebabkan kanker. Manfaat buah ini pun dapat menekan risiko terkena penyakit jantung.


Daun Kale

Sayuran satu ini belum terlalu familiar, karena memang jarang yang mengonsumsinya. Namun, sesekali konsumsilah sayuran ini. Alasannya, selain mengandung banyak vitamin, daun kalu juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Bentuk antioksidannya berupa vitamin C dan asam alfa-linoleat yang berguna untuk melawan radikal bebas akibat kadar gula darah yang tinggi. Daun kale saat ini juga relatif mudah didapatkan, jadi untuk mendapat manfaatnya tidaklah suatu hal yang sulit.

Bayam

Bayam tidak hanya mengandung zat besi saja yang baik untuk memproduksi sel darah merah. Sayur ini pun terkenal kaya akan kandungan vitamin dan gizi lainnya. Misalnya saja antioksidan, tapi memang tidak setinggi bahan makanan yang lainnya.

Di dalam bayam juga terkandung lutein dan Zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV. Mendapatkan kandungan antioksidan dari sayur ini termasuk mudah karena sering menjadi hidangan makanan sehari-hari. Bayam juga banyak tumbuh liar di sekitar rumah.

Pentingnya zat antioksidan bagi tubuh kini tidak bisa diabaikan lagi. Terutama ditengah gempuran polusi yang membahayakan serta dapat mengakibatkan terkena radikal bebas.

Akibat lemahnya antioksidan dalam tubuh, akan menyebabkan mudahnya terserang berbagai macam penyakit berbahaya serta penuaan dini. Yuk, mulai sekarang biasakan menghidangkan bahan pangan tinggi antioksidan yang akan membantu kesehatan tubuh dan menjaga daya tubuh juga.

Admin Sehat Natural
Penulis buku dan blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan, gaya hidup sehat dan natural.

Related Posts

Posting Komentar