Laporkan Penyalahgunaan

5 Makanan Penguat Tulang



Fungsi tulang bagi tubuh antara lain adalah untuk bergerak. Tak hanya itu, tulang ternyata juga berperan dalam membentuk struktur atau rangka tubuh, melindungi organ tubuh, dan menyimpan kalsium. Sebagaimana anggota tubuh yang lain, tulang pun wajib dijaga kesehatannya. Jika tidak, tulang akan mudah keropos dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Tulang yang keropos dan lemah akan lebih mudah retak atau bahkan patah, saat terjadi cedera.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun berkurang, baik laki-laki maupun perempuan. Jika kesehatan tulang dijaga sejak dini, kepadatan tulang akan tetap terjaga. Sekaligus terhindar dari risiko terkena osteoporosis.

Sama seperti sel lain yang ada dalam tubuh, jaringan tulang pun tumbuh dan berubah setiap hari. Agar selalu sehat, sel-sel tulang ini harus dirawat dan dijaga. Jumlah sel dan jaringan tulang disebut juga sebagai massa tulang atau kepadatan tulang. Semakin tinggi tinggi kepadatan tulang seseorang, maka tulangnya pun semakin kuat.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Ada banyak cara menjaga kesehatan tulang. Diantaranya mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D, aktif bergerak, dan menerapkan gaya hidup sehat. Ketiga hal di atas harus dilakukan sejak dini supaya tulang tetap kuat dan sehat hingga usia lanjut. Sebaliknya, jika abai terhadap kesehatan tulang, akan sangat rentan terserang berbagai masalah tulang, seperti patah tulang hingga osteoporosis. Terkadang cara penyembuhannya pun harus dengan operasi, jika sangat parah dan sakit luar biasa.

Makanan Penguat Tulang





Untuk memiliki  tulang kuat, bisa dengan melakukan olah raga secara rutin. Bisa dengan joging, lompat tali, tenis, bola basket, dan sepak bola. Sesuaikan jenis olah raga yang dilakukan dengan kondisi fisik. Tak hanya dengan aktivitas fisik saja, menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat bisa dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium.

Untuk kelompok usia dewasa, jumlah asupan kalsium yang disarankan adalah 1000 mg per hari. Sedangkan untuk anak-anak usia 9-18 tahun adalah 1.300 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun, jumlah asupan kalsium yang disarankan adalah 1.200 mg per hari. 

Sumber kalsium bisa didapat juga dari berbagai macam sayuran hijau, buah, hingga makanan laut. Makanan yang baik untuk tulang ini pun sebaiknya harus dikonsumsi secara teratur setiap hari.

Berikut ini adalah 5 bahan makanan yang dipercaya bisa membantu untuk menguatkan tulang,

1.      Susu dan Produk Olahannya

Sumber kalsium terbaik biasanya identik dengan susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Tidak salah juga, semua jenis susu, terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak, menjadi sumber kalsium yang sangat baik.

Dalam susu sapi terkandung kalsium sekitar 276-352 mg. Sedangkan dalam secangkir susu kambing diperkirakan mengandung sekitar 327 mg kalsium. Jumlah tersebut setara dengan 27–35 persen dari kebutuhan kalsium harian tubuh yang disarankan.

Mungkin ada yang kurang suka mengonsumsi susu, yoghurt bisa menjadi alternatif. Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang juga tinggi kalsium. Secangkir yoghurt mengandung 45 persen dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan.

Selain yoghurt, makanan olahan dari susu yang lain adalah keju. Hampir semua jenis keju, baik mozarella, cheddar, ataupun parmesan, merupakan sumber makanan berkalsium tinggi. Jadi, keju merupakan salah satu makanan dan minuman yang baik untuk tulang.

2.      Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Salah satu cara lain menjaga kesehatan tulang  adalah mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap. Sayuran jenis ini merupakan sumber makanan terbaik yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Vitamin A, C, K, folat, zat besi, dan kalsium biasanya cukup berlimpah dalam jenis sayuran berwarna hijau gelap ini. Selain kalsium, vitamin K dalam sayur jenis ini juga bagus untuk membantu mengurangi resiko dan keprahan osteoporosis.

Vitamin C dalam sayuran juga bertindak sebagai molekul antioksidan sekaligus merangsang sel pembentuk tulang. Jadi sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menjaga kepadatan tulang. Sayuran berdaun hijau gelap yang bisa dikonsumsi, antara lain brokoli, bayam, sawi hijau, kale, pokchoy.

3.      Makanan yang Kaya Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C ini antara lain, kiwi, papaya, brokoli, strawberry, jeruk. Vitamin C berfungsi untuk membantu memaksimalkan penyerapan kalsium, sehingga tulang menjadi kuat dan memaksimalkan kekuatan tulang yang sudah terkena osteoporosis, serta dapat memulihkan kesehatan tulang.

4.      Makanan yang Mengandung Magnesium



Magnesium juga termasuk mineral yang penting untuk membangun kekuatan tulang, selain kalsium dan vitamin D. Kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium berkurang seiring bertambahnya usia, maka perlu makan cukup magnesium setiap hari. Sumber makanan yang kaya magnesium, antara lain dark chocolate, alpukat, kacang-kacangan, tofu, pisang.

5.      Makanan yang Kaya Protein

Jaringan otot yang kuat, membuat tulang memiliki penyangga yang kokoh. Nah, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh  untuk menjaga jaringan tetap sehat, termasuk jaringan otot, adalah protein.. Adapun berbagai makanan protein sehat yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengobati tulang yang keropos yaitu, daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, produk kedelei, seperti tahu.

Itulah 5 macam bahan pangan penguat tulang. Ternyata tidak hanya dari susu saja, ya. Untuk mengatasi tulang keropos, kombinasikan berbagai makanan sehat ini dengan obat dari dokter dan gaya hidup sehat lainnya. Tetap aktif berolah raga juga akan membantu mengembalikan kekuatan tulang.

 

 

 

Admin Sehat Natural
Penulis buku dan blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan, gaya hidup sehat dan natural.

Related Posts

Posting Komentar